Kamis, 07 Oktober 2010

PSIKOLOGI KELOMPOK

KELOMPOK ARISAN KELUARGA BANU SARPANI

Keluarga besar dari ayah saya memiliki tradisi acara kumpul arisan keluarga setiap 1 bulan sekali yang diadakan secara bergiliran tergantung yang mendapat arisan. Bisa dibilang acara ini wajib, terutama menjelang ramadhan dan akhir ramadhan. Seluruh keluarga besar sangat antusias datang ke acara ini, karena hanya disaat inilah keluarga kami bisa berkumpul. Karena kesibukan masing – masing dan lokasi rumah yang jauh membuat kami jarang bertemu, selain saling mengabari kabar masing - masing melalui telepon. Saya sangat tertarik untuk mengulas tentang kelompok arisan yang sudah berjalan sangat lama ini kurang lebih 30 tahun, maka saya mencoba bertanya pada ayah saya.

Yang pasti acara ini sudah menjadi jadwal khusus, sehingga kami harus mengosongkan jadwal kami untuk datang ke acara ini. kami dan keluarga kami tidak keberatan dan merasa senang karena kami bisa berkumpul lagi. berbagi kabar dan cerita. Melepas stress dari pekerjaan yang rasanya tidak pernah ada habisnya. Biasanya acara ini berlangsung sejak pagi hingga siang hari. acara ini pertama dimulai dengan acara bersalam - salaman dan silahturami, menyampaikan pengumuman yang ingin disampaikan, ceramah, acara makan – makan, dan diakhiri dengan mengobrol dan tukar kabar dengan saudara yang lain. sekali – kali kami mempererat tali persaudaraan dengan mengadakan liburan bersama bisa dipuncak atau pulang kampung bersama.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi kami. Karena dapat mempererat jalinan silahturahmi antar saudara dan kami dapat bertemu dengan saudara – saudara yang jarang kami temui, karena rumah yang jauh atau kesibukan masing – masing yang tidak dapat ditinggalkan.Dengan acara ini hubungan antara saudara semakin dekat. Ayahku pernah berkata, jika terjadi suatu masalah pada kita orang yang pasti akan membantu adalah keluarga sendiri, sedangkan tetangga hanya membantu sekedarnya. Karena itu jaga hubungan silahturahmi antar keluarga.

Terima kasih

_Nurul Lailani_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar