Senin, 19 Maret 2012

Tugas sistem informasi psikologi


Data & informasi

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Sedangkan informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membedakan antara data dan informasi dari dua situs (web) lowongan pekerjaan, yaitu jobstreet.co.id dan lowongan-pekerjaan.com.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Situs (web) lowongan pekerjaan ini hanya menggunakan satu bahasa, yaitu bahasa Inggris. Dalam tampilannya, website ini terlihat cukup penuh dengan iklan-iklan, namun tetap menarik karena menyajikan berbagai menu lengkap. Cara mendaftar akun Job Street pun cukup mudah, hanya perlu untuk memasukan alamat email, password, nama, dan keterangan pribadi lainnya. Dalam mendaftar akun ini kita juga diperkenankan memilih level atau posisi serta spesialisasi yang kita inginkan. Setelah semua data di isi dengan benar maka kita akan memperoleh email pemberitahuan dari Job Street untuk proses validasi.

Penggunaan website ini cukup mudah. Pengunjung atau pencari kerja dapat mencari jenis pekerjaan yang diinginkan melalui menu search, yaitu dengan dapat langsung memasukkan kata kunci pekerjaan yang diinginkan Pengunjung atau pencari kerja dapat mencari hanya melalui job tittle, nama perusahaan, atau mencari melalui semuanya. Apabila kata kunci tersebut telah dimasukkan maka akan muncul tittle-tittle pekerjaan yang sesuai dengan kata kunci yang telah dimasukkan.

Untuk keakuratan, data dan informasi yang terdapat dalam web ini cukup berkualitas karena keterangan yang dihadirkan sudah memenuhi syarat kualitas data dan informasi.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Situs (web) lowongan pekerjaan ini juga hanya menggunakan satu bahasa, yaitu bahasa Inggris. Tampilan website ini lebih kalem dibanding website sebelumnya. Dalam website ini pengunjung dapat mendaftar sebagai job seeker, ataupun memposting iklan pekerjaan yang tentunya pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu.

           Cara mendaftar akun di lowongan pekerjaan cukup mudah. Pengunjung hanya perlu memasukkan nama, username, email, password dan Disclaimer and Privacy Policy. Setelah semua data di isi dengan benar maka kita akan memperoleh email pemberitahuan dari lowongan pekerjaan untuk proses validasi. Pengunjung dapat memposting iklan pekerjaan ataupun resume mereka di website ini. Website ini juga menyediakan hal-hal yang tidak jauh berbeda dari website sebelumnya.

            Pada menu beranda terdapat iklan-iklan lowongan pekerjaan terbaru, posting yang paling popular, posting terakhir, serta link-link yang dapat memudahkan pengunjung dalam mencari pekerjaan yang diinginkan, seperti situs lowongan, job vacancy, find job, articles, advance  search, juga contact us. Sedangkan informasi yang terdapat dalam website ini tidak jauh berbeda dengan website sebelumnya seperti misalnya, persyaratan-persyaratan yang diberikan untuk melamar pekerjaan, wilayah-wilayah / lokasi dimana para pencari kerja ingin dipekerjakan nantinya, serta bagaimana cara yang harus kita lakukan untuk dapat memperoleh pekerjaan tersebut (seperti perintah kirimkan CV ke alamat tertentu).

            Untuk keakuratan, data dan informasi yang terdapat dalam web ini, keterangan yang dihadirkan dalam website ini juga sudah memenuhi syarat kualitas data dan informasi.






2 komentar:

  1. Hello Nurul, apakah menurut kamu web ini sudah mewakilkan para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan? Seberapa efisien dan efektifkah web tersebut dalam mencari pekerjaan? Makasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello tiara. menurut aku web ini sudah dapat mewakilkan para pencari kerja. kedua web ini cukup lengkap dengan berbagai jenis pekerjaan dan kemudahan dalam memperoleh pekerjaan tersebut, seperti perintah kirimkan CV ke alamat tertentu. Jadi web tersebut cukup efisien dan efektif dalam mencari pekerjaan.

      Hapus