Rabu, 04 April 2012

PEKERJAAN DI BIDANG PSIKOLOGI YANG MENGGUNAKAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA/ALAT UTAMA


Komputer merupakan teknologi yang pasti dikenal oleh hampir seluruh masyarakat. Kemampuannya yang dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Selain itu, juga kecepatan perkembangan teknologinya membuat komputer banyak digunakan oleh orang-orang. Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor ataupun di rumah. Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data untuk bermacam-macam keperluan.

Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface). Interaksi manusia dan komputer berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu atau yang terlibat dalam  Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah :
  1. Psikologi dan ilmu kognitif : memberikan dasar pengetahuan tentang persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
  2. Ergonomi : kemampuan fisik user.
  3. Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi.
  4. Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi.
  5. Bisnis : pemasaran.
  6. Desain grafis : presentasi interface.
Dalam bidang psikologi pendidikan menggunakan salah satu system dalam computer yaitu CAI. Pembelajaran dengan bantuan komputer (CAI) adalah software yang dapat digunakan sendiri atau digunakan bersama dengan sistem instruksional lain. Perangkat lunak yang digunakan berfungsi untuk membantu proses pembelajaran. Manfaat komputer meliputi penyajian informasi, isi materi pelajaran dan latihan atau kombinasinya.

Menurut Herman D Surjono (1999), istilah CAI (Computer-Assisted Instruction) umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer di mana anak didik dapat berinteraksi dengannya. Sistem komputer menyajikan serangkaian program pengajaran kepada anak didik baik berupa informasi maupun latihan soal-soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dan pebelajar melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistem komputer. (CAI atau Computer Assisted Instruction) mempunyai sejumlah keuntungan, diantaranya :
  1.  Ia dapat membantu murid dan guru dalam pelajaran. Karena komputer itu "sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna", ia sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching. Tak ada guru yang dapat memberi latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
  2. CAI memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau memproduksi grafik, gambaran dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia manapun.
  3. CAI sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan peneliti pelajaran atau penyusunan kurikulum.
  4. CAI dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Bila computer tidak dapat menjawab pertanyaan murid dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer dapat memberi jawaban yang tak dapat segera dijawab oleh guru.
  5.  Selain itu komputer dapat pula menilai hasil setiap pelajaran dengan segera.
Selain keuntungan diatas, komputer memiliki beberapa peran dalam penggunaannya di bidang pendidikan antara lain :
  1. Penggunaan komputer sebagai super kalkulator.
  2. Penggunaan komputer untuk mengajar komputer dan memprogram dengan komputer.
  3. Penggunaan komputer sebagai alat bantu langsung dalam proses belajar mengajar.
  4. Mode tutor penggant.
  5. Mode laboratorium simulasi.
  6. Peranan komputer dalam bidang administrasi dan manajemen.
  7. Penggunaan komputer sebagai pusat data (data-based)
 Pekerjaan Psikologi yang Menggunakan Sistem Komputer

1. Dosen Psikologi
2. Pasar Research Analyst
3. Industri / Organisasi Psikolog
4. Petugas sosial / Pekerja Sosial
5.  Konselor
 
Sumber : http://woro-psikologi.blogspot.com/2012/03/pekerjaan-di-bidang-psikologi-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar