Kamis, 05 April 2012

Jika Anak Mulai Berbohong


Anak akhirnya tumbuh dan mulai memahami dunia di sekelilingnya, ia belajar banyak dari apa yang terjadi di lingkungannya, bahkan dia belajar untuk menipu dan berbohong. Ketika anak mulai berbohong, sudah seharusnya orang tua bertindak. Karena bisa saja kebiasaan itu akan terus dibawanya sampai dewasa. Survey membuktikan pada usia empat tahun anak mulai belajar berbohong. Menurut 'Liars Born' buku baru karangan Ian Leslie yang diterbitkan oleh Quercus, kebohongan anak-anak yang berusia antara dua dan empat, biasanya dilakukan untuk menghindari hukuman.

Yang paling penting bagi orang tua ketika anak mulai berbohong adalah mengajarkan pada anak bahwa hal itu adalah salah, bukan dengan menghukum. Orang tua dapat melakukan pendekatan dari hati ke hati untuk mengetahui apa penyebabnya. mungkin saja sang anak belum mengetahui kalau yang dilakukannya itu suatu yang salah. Jika diharuskan untuk menggunakan hukuman, maka pastikan dilakukan secara mendidik. Tujuannya membantu anak Anda mengerti dan memikirkan konsekuensi dari tipuannya. misalnya bahwa Anda harus mengajarkan anak bagaimana ia harus meminta maaf kepada orang yang telah ia bohongi. Atau, juga akan sangat penting untuk mengajarkan anak-anak kata-kata yang tepat untuk mengakui kesalahannya. Orang tua perlu menetapkan batas yang baik dan mendorong anak anda untuk mengikuti semua perilaku baik yang anda contohkan.

Sangat penting untuk tidak menekan kekurangan dari kepribadian anak , sebab malah akan membuatnya stres. Penting bagi orang tua untuk mengatakan kepadanya bahwa dia bukan pembohong, dan hanya mungkin sekarang ia salah dan kemudian mencoba untuk tidak berbuat lebih banyak. Dan yang paling penting dia tidak akan memiliki alasan untuk melakukannya lagi kejahatan itu dimasa depan.
Jadi bagi orang tua, hendaknya mulai memperhatikan sang buah hati sejak usia 4 tahun. Terutama masa pembentukan karakter ini. "karena Waktu untuk menghilangkan kebiasaan berbohong adalah sebelum berusia delapan tahun," dikutip Daily Mail profesor Kang Lee dari Universitas Toronto dan direktur Institute of Child Study.

Sumber :
http://www.bincanganak.com/2012/02/kapan-anak-mulai-belajar-berbohong.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar