Selasa, 15 Desember 2009

insomnia

pernah ngalamin yang namanya insomnia gak? *untung gw belum pernah ngalamin...
mungkin lw pernah ngalamin sulit tidur, sering terbangun di malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali, bangun terlalu pagi atau merasa lelah setelah bangun tidur. kalau iya, berarti lw sedang mengalami yang namanya insomnia.

insomnia memiliki 2 jenis, yaitu :
-insomnia primer : seseorang memiliki masalah tidur yang tidak secara langsung berhubungan dengan kondisi kesehatan
-insomnia sekunder : seseorang mengalami masalah tidur karena sesuatu yang lain, seperti kondisi kesehatan (seperti asma, depresi), sakit, obat atau zat yang mereka gunakan (seperti alkohol)

insomnia juga memiliki variasi dalam berapa lama dan berapa sering hal itu terjadi. jangka pendek (insomnia akut) dapat berlangsung dari satu malam sampai beberapa minggu. sedangkan insomnia kronis (bertahan lama) ketika seseorang tidak tidur, setidaknya tiga kali seminggu selama satu bulan atau lebih.

penyebab insomnia
munculnya insomnia pasti ada penyebabnya. diantaranya adalah :

penyebab insomnia akut :
-stress pada kehidupan yang signifikan (mis : kehilangan atau mengganti pekerjaan, kematian orang yang dicintai, perceraian)
-emosional
-faktor-faktor lingkungan seperti suara, cahaya atau suhu yang ekstrim (panas atau dingin) yang mengganggu tidur.
-menggunakan beberapa obat yang dapat mengganggu tidur ( misalnya yang digunakan untuk mengobati pilek, alergi, depresi, tekanan darah tinggi dan asma)
-gangguan pada jadwal tidur (jetlag)

penyebab insomnia kronis :
-depresi
-stress kronis
-sakit atau tidak nyaman di malam hari

insomnia juga memiliki gejala, seperti : kantuk di siang hari, kelelahan umum, cepat marah, dan masalah dengan konsentrasi atau memory.

perawatan untuk si insomnia.
*tenang saja insomnia bisa disembuhkan kok. insomnia akut mungkin tidak memerlukan pengobatan. untuk insomnia kronis dapat dicegah atau disembuhkan dengan mempraktekkan kebiasaan tidur yang baik. jika insomnia berlanjut, dokter akan mungkin akan menyarankan terapi perilaku. dengan [endekatan perilaku dapat membantumu untuk mengubah perilaku yang dapat memperburuk insomnia dan untuk belajar perilaku baru untuk mempromosikan tidur. seperti latihan relaksasi, terapi pembatasan tidur dan rekondisi mungkin berguna untuk mengurangi insomnia.

ada cara untuk mengalahkan insomnia, yaitu dengan kebiasaan tidur yang baik. juga disebut dengan tidur kebersihan dapat membantumu mendapatkan tidur yang nyenyak dan mengalahkan insomnia. beberapa tips ini mungkin berguna :
-cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. dan cobalah untuk tidak tidur pada siang hari, karena itu akan membuatmu kurang mengantuk pada malam hari.
-hindari kaffein, nikotin dan alkohol di malam hari. kaffein dan nikotin adalah stimulan dan dapat membuatmu tidak bisa tidur. alkohol dapat menyebabkanmu terbangun di malam hari dan mengurangi kualitas tidur.
-cobalah untuk tidak berolahraga saat dekat waktu tidur. karena dapat mendorong dan membuatmu sulit tertidur.
-jangan makan makanan berat saat dekat waktu tidur.
-buatlah kamar tidurmu senyaman mungkin.
-membaca buku, mendengarkan musik atau mandi sebelum tidur dapat mambantumu untuk rileks sebelum tidur.

6 komentar:

  1. biasanya kalau aku tidur disiang hari pasti malam ga bisa tidur, kalaupun dipaksa tidur bangun_bangun terus dweh... lebih tepatnya ga nyenyak banget tidurnya... kenapa iaaa?

    BalasHapus
  2. nurul, kalo minum obat tidur boleh gak..?

    BalasHapus
  3. nikmah : itu karena uda kebnyakan tidur pas siang, makanya waktu malam ngantuknya berkurang

    BalasHapus
  4. devi : boleh..py asal jangan jadi kecanduan..kecanduan obat tidur tu nggak baik..kalo insomnianya uda parah bgd mendingan kedokter aja..

    BalasHapus
  5. nuruL.. saya pernah mengalami hal yang sama seperti nikmah, jika disiang hari tidur maka malam harinya saya akan mengalami yang namanya susah tidur, padahal suasananya sudah tenang. Sudah tidak ada lagi suara TV bahkan lampu kamar sudah saya buat agak redup, tapi tetap saja rasa ngantuk nggak kunjung datang. Akibat dari itu keesokan harinya saya jadi merasa masih mengantuk saat bangun, terlebih lagi malamnya saya jadi mengalami hal yang sama, tidur saya jadi tidak teratur.

    Kenapa masalah tidur sering terjadi pada orang dewasa ?? Apakah ini dikarenakan masalah mutasi gen ?? Karena saya pernah membaca disalah satu artikel yang mengatakan bahwa mutasi gen mempengaruhi kebutuhan tidur, apakah benar ada hal seperti itu, sebenarnya apa yang menyebabkan bisa terjadi mutasi gen ??. Lalu apa ada perbedaan masalah gen antara bayi dan orang dewasa, karena justru bayi disarankan untuk tidur siang agar tubuhnya segar ??

    BalasHapus
  6. nurul, bukan kah kalo makanan berat malah cepat
    ngatuk y.. kalo minum susu, tapi nga bs tidur jg gmn?

    BalasHapus