Rabu, 16 Desember 2009

psikopat

sering mendengar tentang kata psikopat kan?
jika mendengar kata psikopat, apa yang terlintas dipikiran kalian?
mungkin seperti orang yang sakit jiwa, orang gila yang mampu untuk melakukan kejahatan. yah..kurang lebih sih seperti itu.
secara harafiah psikopat berarti sakit jiwa. pengidapnya disebut sosiopat karena perilakunya yang anti sisoal dan merugikan orang-orang terdekatnya. psikopat tidak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. psikopat berada disekitar kita. mereka bisa berada dikantor, kampus, arena hiburan, tempat olahraga bahkan lingkungan terdekat, seperti tetangga, teman atau pacar sekalipun. sepintas, mereka tidak terlihat seperti punya kelainan. pasalnya, secara tampak mata mereka terlihat menarik, pintar dan berlaku seperti orang normal lainnya.

gejala psikopat disebut dengan psikopati. pengidapnya seringkali disebut "orang gila tanpa gangguan mental". pengidap psikopat juga sulit untuk disembuhkan. menurut penelitian, sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psiokopati. pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang berada dipenjara atau rumah sakit. dalam kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa dan koruptor. namun ini hanyalah 15%-20% dari total psikopat. selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona,mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan.
*weii..serem juga yahh...

menurut penelitian yang dilakukan oleh guru besar di universitas British columbia, vancouver, kanada bernama Robert D hare selama 25 tahun. ia berpendapat bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasaan dan keuntungan bagi dirinya sendiri. Hare mengungkapkan empat ciri karakter psikopat, yaitu antisosial (antisocial), pribadi yang sulit diduga (borderlne), pandai bersandiwara (histrionic), dan luar biasa egois (narcisstic).

para psikopat umumnya tidak pernah merasa menyesal, meski telah menyakiti orang lain. bila sudah ketahuan, wajahnya akan tetap seperti tak berdosa. penyebabnya masih belum jelas namun Hare menduga psikopat terjadi akibat kelainan fungsi otak. karena itu, si penderita tidak dapat memisahkan stimulus yang bersifat rasional dari yang emosional. stimulus-stimulus ini diolah sekaligus oleh otak kanan dan kiri. namun penemuan lain mengatakan, pengidap kelainan ini akibat dari latar belakang masa kecilnya yang "bermasalah" yang mengakibatkan perkembangan emosinya tidak optimal. saat beranjak dewasa, mereka tumbuh menjadi orang-orang yang tidak bisa berempati dan tidak mempunyai kata hati. ada pendapat lain yang menduga kelainan itu berawal karena salah asuh mengatakan, psikopat bisa dicegah asal indikasi kelainannya terdeteksi sedini mungkin.

anyway gw baru aja browsing n dapat beberapa tanda-tanda pria psikopat, yaitu :
~ rajin monitor. setiap jam ia selalu menelpon untuk mencari tahu secara detil apa yang sedang kalian lakuin saat itu, bersama siapa dan sebagainya. jika teleponya tidak dijawab, dia akan terus meneror hingga diangkat.

~ berbohong tentang masa lalu. ketika membicarakan tentang mantan-mantannya, ia selalu memposisikan dirinya sebagai obyek penderita. ia akan membual tentang mantan-mantannya yang bermasalah dan bagaimana ia disakiti.
*wouu..such a good lier

~membajak keluarga dan teman. tanpa meminta izin dan tanpa melibatkan kalian, ia sering mengajak sahabat kalian menonton, menelpon teman-teman dan keluarga kalian selama berjam-jam. sepertinya ia ingin mencari tahu tentang kalian, tapi kalian tidak pernah tahu motivasi sesungguhnya.

~berdebat di muka umum. ia tidak bisa memilih-milih tempat untuk bertengkar, bahkan ia selalu mengkritik kalian di depan keluarga dan teman-teman.

~sikapnya sulit ditebak. ia bisa menjadi orang yang paling menyebalkan untukmu. tiba-tiba berteriak dan marah pada kalin dan sedetik kemudian berlaku supermanis.

~rajin bohong. ia biasa berbohong tentang apa saja. baik besar maupun kecil dan tanpa alasan

~ menginterograsi. di matanya kalia tidak pernah benar. ia selalu ingin tahu mengapa kalian terlambat 10 menit. apa yang baru saja kalian lakukan. ia akan menginterograsi kalian semalamam hanya untuk memuaskan rasa keingintahuannya.

~ memata-matai. going to be stalker. awalnya ai akan melakukan invasi terhadap privasi kalian, kemudian mengecek email, telepon, bahkan berkunjung secara diam-diam ke kantor, kampus, atau rumah untuk mencari tahu apakah ada lelaki lain dalam hidup kalian selain dirinya.

~cemburu berlebihan. ia tidak tahan melihat kalian dekat dengan lelaki lain. meski itu adalah teman kalian sendiri.

3 komentar:

  1. kalau menyembunyikan diri dan memunculkan sesuatu karekteristik yang berlebihan tidak sesuai dengan prilaku kita,termasuk psikopat ga yaa?

    BalasHapus
  2. Waw...denger sebutannya aja udah merinding ya rasanya, hmm..tp bagus juga bwt ditelusuri keberadaannya...yaa..mudah2an semua diantara kita ga ada yang berada dekat dgn orang yang seperti itu...

    Oh ya, ntar jgn lupa di komen n di follow balik ya kauand....:D

    BalasHapus
  3. nurul apa yang paling mengakibatkan seseorang jadi psikopat ??

    BalasHapus