Senin, 24 Mei 2010

ENURESIS

enuresis, yaitu mengeluarkan air seni secara tidak sadar pada usia dimana seharusnya sudah dapat mengendalikan keinginan buang air kecil, dan hal ini merupakan hal yang umum terjadi pada anak dan remaja yang bila terjadi ketika tidur di malam hari disebut dengan Enuresis Nocturnal. Anak-anak mencapai kontrol kandung kemih (kontinensi) pada usai yang berbeda beda, sebagian besar anak anak mengalami kontinensi pada usia 4 atau 5 tahun.
Enuresis terjadi pada 20% anak berusia 5 sampai 6 tahun dan sekitar 1% remaja. Sebagian besar anak yang mengalami enuresis dinyatakan normal secara fisik dan emosional. Walaupun beberapa dari mereka memang ada yang memiliki kandung kemih yang kecil, tetapi hal ini seharusnya tidak menghalangi mereka untuk tidak mengompol.
Enuresis sering merupakan turunan dalam keluarga, sekitar 85% anak yang mengalami enuresis memiliki kerabat yang juga mengalami enuresis, dan sekitar setengah dari mereka memiliki orang tua atau saudara yang juga mengalami enuresis. Enuresis dilaporkan pada 43% anak dari ayah penderita enuresis, 44% anak dari ibu penderita enuresis dan 77% anak bila ibu dan ayahnya penderita enuresis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar